Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA

  • Samsul Bahri STKIP Melawi
  • Amin Mustajab STKIP Melawi
Keywords: Koopeatif, Jigsaw, Aktivitas, IPA

Abstract

Proses pembelajaran IPA di SDN 12 Entikong masih dominan terpusat pada guru, metode dan model pembelajaran kurang bervariasi. Pada pembelajaran IPA hanya diperoleh dari guru sehingga wawasan dan keatifan siswa kurang. Hal tersebut membuat siswa jenuh,, pasif, dan kurang aktif sehingga, pembelajaran tampak monoton. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPA. Melalui pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw diharapkan dapat melatih siswa agar terbiasa berdiskusi dan bertanggungjawab baik secara individu dalam membantu memahami materi pokok kepada teman sekelasnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menggunakan pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw  siswa kelas IVA SDN 12 Entikong dan kelas kontrol pembelajaran konvesional siswa kelas IVB SDN 12 Entikong. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh terhadap pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Hasil analisis diperoleh nilai t-hitung sebesar 3,063 dan nilai t-tabel sebesar 1,063. Selain itu diketahui perbedaan skor rata-rata 2,545. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap aktivitas belajar siswa kelas IV SDN 12 Entikong.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-28
How to Cite
Bahri, S., & Mustajab, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 126-134. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i2.97