Profil Penilaian Hasil Belajar IPA Melalui Media Daring dan Luring pada Mid Semester Di MTS Negeri 4 Mukomuko Provinsi Bengkulu
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu negara, setiap perbuatan dan tindakan dalam pendidikan selalu menghendaki hasil. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif yakni berupa instrument observasi, wawancara dan dokumentasi tentang profil penilaian hasil belajar IPA melalui media daring dan luring pada Mid Semester. Dengan menggunakan metode observasi peneliti dapat mengumpulkan data secara langsung dan detail. Penelitian ini dilakukan di MTS Negeri 4 Mukomuko, Provinsi Bengkulu pada tanggal 27 Oktober 2020. Pada penelitan ini Siswa sebagai Subjek dalam penelitian, sedangkan untuk objek penelitian yakni Hasil Penilaian IPA pada Mid Semester saat menggunakan Media Daring dan Luring. Berdasarkan Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti pada tanggal 27 Oktober 2020 di MTS Negeri 4 Mukomuko yaitu mengenai profil hasil belajar IPA melalui media daring dan luring pada hasil MID Semester. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan sebuah upaya pembaruan pada proses pembelajaran berikutnya. Dengan adanya profil ini juga akan membantu guru dalam memahami siswa yang masih mengalami kesulitan pada pembelajaran yang telah dilakukan pada proses pembelajaran IPA. Dalam penelitian ini peneliti mengambil populasi satu kelas dengan jumlah siswa 34 orang dan diambil sample sebanyak 10 orang. Siswa yang dijadikan sample pada penelitian ini adalah mereka yang masuk kedalam peringkat nilai sepuluh besar. Pada tabel nomor 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan 9 mengalami penurunan sebanyak 2%. Sedangkan pada tabel nomor 7 mengalami kenaikan 5%, pada tabel nomor 8 mengalami kenaikan 3% dan pada nomor tabel 10 mengalami kenaikan 2%. berdasarkan hasil penelitian media daring dapat berpengaruh terhadap kurangnya motivasi belajar siswa.