Pelaksanaan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Sosiologi Kelas X di SMA Negeri 1 Lubuk Basung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan penilaian autentik yang dilakukan oleh guru sosiologi kelas X di SMA Negeri 1 Lubuk Basung Tahun Ajaran 2019/2020. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menerapkan model evaluasi stake’s countenance. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan metode konversi skor. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran sosiologi kelas X di SMA Negeri 1 Lubuk Basung sudah terlaksana dengan Baik, dengan perolehan rerata sebesar 3,0239 atau dalam persentase angka sebesar 77% yang terdiri dari tiga tahapan evaluasi penilaian autentik diantaranya yaitu; tahap masukan dengan persentase sebesar 78%, tahap proses dengan persentase sebesar 76%, dan tahap hasil dengan persentase sebesar 76%.