Pengawasan Proses Pembelajaran Sosiologi di SMA Negeri 9 Solok Selatan
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kegiatan pengawasan proses pembelajaran sosiologi di SMA Negeri 9 Solok Selatan belum berjalan secara optimal. Karena pengawas jarang melakukan kunjungan ke SMA Negeri 9 Solok Selatan karena kondisi jalan yang ditempuh juga tidak memungkinkan dan juga jalan yang ditempuh oleh pengawas pun jauh untuk menuju sekolah tersebut. Salah satu faktor yang dapat mengoptimalkan pengawasan proses pembelajaran dengan melakukan kunjungan pengawas ke SMA Negeri 9 Solok Selatan. Maka untuk melihat bagaimana pengawasan proses pembelajaran sosiologi di SMA Negeri 9 Solok Selatan. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan supervisi pendidikan yang dilakukan oleh pengawas dan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 9 Solok Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pengawas dan kepala sekolah dalam melaksankan supervisi sudah sesuai dengan perumusan program bersama, seperti pengembangan sumber daya guru, dan membimbing untuk perbaikan pengajaran terhadap guru-guru.