Pelaksanaan Integrasi Pendidikan Karakter Nilai Al-Qur’an dan Nilai Budaya Alam Minangkabau Dalam Pembelajaran Sosiologi (Studi Kasus: SMA Negeri 2 Padang dan SMA Adabiah Padang)

  • Yuni Eka Putri UNP
  • Reno Fernandes UNP
Keywords: Pendidikan, Karakter, Sosiologi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mencari dan mengumpulkan informasi tentang Implementasi pendidikan karakter nilai Al-Qur’an dan nilai Budaya Alam Minangkabau di kota padang khususnya SMAN 2 Padang dan SMA Adabiah Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Alasan penulis menggunakan metode tersebut adalah bahwasanya penelitian ini berusaha mendiskripsikan/ memberikan gambaran  mengenai penerapan pendidikan karakter nilai al-qur’an dan nilai BAM pada pembelarajan sosiologi. Tenik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, dengan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori difusi inovasi dari Evverret Rogers. Hasil dari penelitian ini adalah Pelaksanaan Integrasi Pendidikan Karakter Nilai Al-Qur’an dan Nilai Budaya Alam Minangkabau yang dikeluarkan oleh kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat belum terlaksana dengan baik. Guru masih saja kebingungan dengan pengintegrasian tersebut. Guru masih saja fokus pada materi yang diajarkan, belum kepada pengintegrasian nilai Al-Qur’an dan Nilai Budaya Alam Minangkabau pada proses pembelajaran sosiologi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-30
How to Cite
Eka Putri, Y., & Fernandes, R. (2019). Pelaksanaan Integrasi Pendidikan Karakter Nilai Al-Qur’an dan Nilai Budaya Alam Minangkabau Dalam Pembelajaran Sosiologi (Studi Kasus: SMA Negeri 2 Padang dan SMA Adabiah Padang). Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i1.8