Penggunaan Smartphone Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Lubuk Basung di Era Pandemi Pada Mata Pelajaran Sosiologi (Studi Kasus Kelas XII IPS 1, 2 dan 3)

  • Melda Novi Wati Universitas Negeri Padang
  • Desri Nora Universitas Negeri Padang
Keywords: Kendala, Pandemi Covid-19, Smartphone, Sumber belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemanfaatan smartphone sebagai sumber belajar siswa di era pandemi covid-19. Sebelum pandemi siswa juga sudah menggunakan smartphone sebagai sumber belajar. Namun, dengan kondisi seperti ini, smartphone menjadi pokok utama dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bagaimana penggunaan smartphone sebagai sumber belajar siswa kelas XII IPS di era pandemi ini, (2) kendala-kendala yang dialami siswa dan guru SMA Negeri 2 Lubuk Basung pada pembelajaran daring/Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara secara daring dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas XII IPS dan guru mata pelajaran sosiologi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penggunaan smartphone sebagai sumber balajar sangat bermanfaat bagi siswa karena banyak sumber yang didapatkan, (2) kendala dari siswa yaitu jaringan yang tidak stabil serta kurangnya pemahaman materi oleh siswa (3) kendala dari guru mata pelajaran karena jaringan dan guru tidak bisa memantau mana siswa yang berdiskusi dalam menyelesaikan tugas atau yang benar sendiri mengerjakannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-11-15
How to Cite
Wati, M. N., & Nora, D. (2020). Penggunaan Smartphone Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Lubuk Basung di Era Pandemi Pada Mata Pelajaran Sosiologi (Studi Kasus Kelas XII IPS 1, 2 dan 3). Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 85-92. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i2.77