Efektivitas Institusi Pendidikan Dalam Menanggulangi Perilaku Menyimpang Siswa di Era Digital Di SMA 4 Kota Payakumbuh

  • Trilorya Elizabeth Sinaga UNP
  • Reno Fernandes UNP
Keywords: Pendidikan Karakter, Perilaku Menyimpang, Siswa

Abstract

Ide studi ini didasarkan oleh ketertarikan peneliti dalam melihat maraknya perilaku menyimpang siswa pada era digital di kalangan pelajar khususnya di sekolah SMA N 4 Kota Payakumbuh. Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pencapaian dari serangkaian institusi pendidikan dalam menanggulangi perilaku menyimpang terhadap siswa di SMA N 4 Kota Payakumbuh. Studi ini dikaji dianalisis dengan teori Kontrol Sosial oleh Travis Hirschi. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi non partisipatif, wawancara mendalam dengan jumlah 10 orang , studi dokumentasi, yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pihak sekolah sudah membuat kebijakan-kebijakan yang telah dibuat agar tidak terjadi lagi perilaku menyimpang (1) keberhasilan sekolah dalam mengurangi perilaku menyimpang. (2) Pendidikan Karakter.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-30
How to Cite
Elizabeth Sinaga, T., & Fernandes, R. (2019). Efektivitas Institusi Pendidikan Dalam Menanggulangi Perilaku Menyimpang Siswa di Era Digital Di SMA 4 Kota Payakumbuh. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 45-51. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i1.7