Persepsi Mahasiswa Sosiologi FIS UNP Tentang Mata Kuliah Micro Teaching dan Pelaksanaan Praktek Lapangan Kependidikan (PLK)

  • Fiona Oktafia Universitas Negeri Padang
  • Desri Nora AN Universitas Negeri Padang
Keywords: Micro Teaching, PLK, Mahasiswa Pendidikan Sosiologi FIS UNP

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti tentang banyak nya mahasiswa Pendidikan Sosiologi yang belum menguasai keterampilan dasar mengajar. Dalam micro teaching mahasiswa diajarkan keterampilan dasar mengajar. Sedangkan kenyataannya yang terjadi pada mahasiswa Pendidikan Sosiologi FIS UNP dalam mata kuliah micro teaching di lapangan banyak belum menguasai keterampilan dasar mengajar serta materi disampaikan belum maksimal, ada juga gugup dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah mata kuliah micro teaching membantu mahasiswa Pendidikan Sosiologi FIS UNP dalam pelaksanaan praktek lapangan kependidikan (plk). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus. Penelitian menggunakan teori Talcott Parson yaitu teori Struktural Fungsional dengan Skema AGIL. Teknik pemilihan informan adalah purposive sampling, dengan jumlah informan 10 orang. Penelitian ini menemukan bahwa mahasiswa Pendidikan Sosiologi ketika pelaksanaan praktek lapangan kependidikan memakai langkah-langkah micro teaching dan menguasai keterampilan dasar mengajar yang diajarkan dosen dapat membantu mahasiswa Pendidikan Sosiologi dalam pelaksanaan praktek lapangan kependidikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-19
How to Cite
Oktafia, F., & Nora AN, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Sosiologi FIS UNP Tentang Mata Kuliah Micro Teaching dan Pelaksanaan Praktek Lapangan Kependidikan (PLK). Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 63-69. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i1.65