Pelaksanaan Student Centered Learning Berbasis Online pada Pembelajaran Sosiologi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 4 Bukittinggi Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan yang terjadi pada proses pembelajaran karena pandemi Covid-19. Perubahan yang terjadi adalah pembelajaran dilakukan secara online. Meskipun dilakukan secara online pembelajaran tetap berbasis Student Centered Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pelaksanaan Student Centered Learning berbasis online pada pembelajaran sosiologi siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Bukittinggi masa pandemi Covid-19, (2) kendala-kendala yang dalam pelaksanaan Student Centered Learning berbasis online pada pembelajaran sosiologi siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Bukittinggi masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) pelaksanaan Student Centered Learning berbasis online pada pembelajaran sosiologi siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Bukittinggi masa pandemi Covid-19 sudah terlaksana sesuai tuntutan pembelajaran kurikulum 2013 yang berbasis Student Centered Learning dan sesuai protokoler Home Learning, (2) terdapat kendala-kendala yang dialami guru dan siswa karena belum sepenuhnya bisa beradaptasi dengan proses pembelajaran online.