Upaya Meningkatkan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Sosiologi Melalui Model Prediction Guide dengan Media Gambar Kelas X IPS 3 SMAN12 Padang
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran sosiologi. Rendahnya partisipasi siswa disebabkan kurang tepatnya strategi pembelajaran digunakan guru. Untuk memperbaiki rendahnya partisipasi siswa guru menggunakan model pembelajaran Prediction Guide dengan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi siswa melalui model Prediction Guide dengan media gambar dalam pembelajaran sosiologi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS3 SMAN12 Padang berjumlah 36orang. Penelitian dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom Metting dan Whatsapp. Hasil penelitian diolah menggunakan rumus P=(F/N) X 100%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi siswa, dari pra tindakan sebesar 35%, siklus I meningkat 67%. Siklus I ke siklus II meningkat sebesar 78%.