Penerapan Model TGT dengan Variasi LKPD Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 1 2x11 Enam Lingkung Padang Pariaman
Abstract
Penelitian ini yang melatarbelakanginya adalah kurangnya minat belajar sosiologi peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN 1 2x11 Enam Lingkung. Berdasarkan kasus tersebut solusi yang cocok untuk peningkatan minat belajar sosiologi peserta didik yaitu dengan menggunakan penerapan model yang cocok dengan peningkatan minat adalah menggunakan model pembelajaran TGT dengan variasi LKPD berbasis kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan penerapan model pembelajaran TGT dengan variasi LKPD berbasis kontekstual untuk meningkatkan minat belajar sosiologi siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 2x11 Enam Lingkung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus dilakukan dengan dua kali petemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 2x11 Enam Lingkung dengan jumlah 30 orang. Pada kasus ini penulis menetapkan kategoti yang ingin di capai pada minat belajar sosiologi siswa pada skor presentase tinggi yaitu 76%-100%. Hasil yang didapat memperlihatkan bahwa penerapan model TGT dengan variasi LKPD berbasis kontekstual untuk meningkatkan minat belajar sosiologi siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 2x11 Enam Lingkung tahun ajaran 2019/2020 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase skor observasi minat belajar sosologi dari sebelum penerapan model pembelajaran TGT dengan variasi LKPD berbasis kontekstual skor presentasenya 29%, setelah diterapkan model TGT pada siklus pertama skor nilai rata-rata mengalami peningkatan dengan skor 39% ke 68%. Peningkatan tersebut terjadi pada siklus I menuju siklus II yaitu sebesar 12 % sehingga didapat skor 80%.