Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS di SMAN 1 Payakumbuh
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat bernilai valid, praktis, dan efektif untuk dipakai didalam pembelajaran Sosiologi kelas XI IPS di SMAN 1 Payakumbuh. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran Sosiologi, sehingga diharapkan akan dapat meningkatkan hasil belajar Sosiologi peserta didik. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Payakumbuh. Data yang diperoleh berasal dari tiga instrumen penelitian yaitu instrumen validitas yang akan diperoleh dari validator dosen dan guru Sosiolog, instrumen praktikalitas yang akan diperoleh dari peserta didik sebagai subjek penelitian, dan instrumen efektif yang akan diperoleh dari hasil pretest dan posttest peserta didik. Data validitas dan praktikalitas dioleh dengan cara menghitung rata-rata skor kemudian hasilnya dikonversikan ke dalam skala lima. Data efektifitas berupa hasil pretest dan posttest diolah menggunakan rumus T-test dengan perbandingan T hitung dan T Tabel. Hasil dari data efektifitas menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis model problem based learning memiliki hasil yang efektif dilihat dari perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest.