Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Minat Belajar Sosiologi Materi Perilaku Menyimpang Siswa Kelas X IPS 1 SMAN 8 Padang
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya minat belajar Sosiologi siswa kelas X IPS 1 SMAN 8 Padang. Rendahnya minat belajar siswa disebabkan karena guru kurang tepat dalam memilih model pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya minat belajar siswa. Untuk memperbaiki mutu pembelajaran adalah dengan memvariasikan model pembelajaran salah satunya melalui model Snowball Throwing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dalam meningkatkan minat belajar Sosiologi siswa kelas X IPS SMAN 8 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS SMAN 8 Padang yang berjumlah 34 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran Sosiologi diolah dengan rumus persentase P=(F/N) X 100%. Hasil penelitian menunjukan terdapatnya peningkatan minat belajar siswa dengan penerapan model Snowball Throwing. Secara keseluruhan minat belajar siswa dari tahap pra tindakan sebesar 22%, ke siklus I meningkat menjadi 7,68%. Kemudian dari siklus I, ke siklus II juga mengalami peningkatan sehingga menjadi 74%.