Analisis Kemampuan Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pada Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

  • Melia Yulispa Universitas Negeri Padang
  • Junaidi Junaidi Universitas Negeri Padang
Keywords: Kemampuan, Merancang, Mahasiswa Pendidikan Sosiologi, RPP

Abstract

Salah satu kemampuan yang dituntut dalam pembelajaran adalah merancang RPP. Kenyataannya, RPP yang dibuat mahasiswa pendidikan sosiologi belum sepenuhnya sesuai dengan ketentuan. Penelitian bertujuan untuk melihat kemampuan merancang rencana pelaksanaan pembelajaran pada mahasiswa pendidikan sosiologi. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan tipe evaluatif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan merancang RPP pada mahasiswa Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang, hal ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. (1) penyebab internal, terdiri dari (a) malas bertanya, (b) motivasi belajar rendah, (c) kebiasaan mencontoh pada teman/senior. (2) penyebab eksternal, terdiri dari (a) kontrol dosen dan jurusan (b) kemudahan akses internet. Hasil penelitian ini berguna sebagai pedoman dan masukan khususnya mahasiswa pendidikan sosiologi dalam merancang RPP agar sesuai dengan komponen RPP yang sudah ditentukan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-28
How to Cite
Yulispa, M., & Junaidi, J. (2020). Analisis Kemampuan Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pada Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(4), 246-252. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i4.44