Pelaksanaan Model Pembelajaran Word Square dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Konflik Sosial
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji rendahnya motivasi belajar siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 3 Sijunjung pada materi konflik sosial. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti melakukan pelaksanaan model pembelajaran Word Square. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melalui dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan setelah dilakukan beberapa tindakan pada siklus I pertemuan II, dan pada siklus ke II pembelajaran dengan model ini dapat mempengaruhi peningkatan motivasi belajar siswa dengan baik. Peningkatan terlihatĀ setelah dilakukan tindakan pada masing-masing pertemuan dalam kedua siklus (I dan II). Pada siklus I pertemuan I menghasilkan rata-rata 55,91% dengan kategori cukup, pada siklus I pertemuan II mengalami peningkatan menjadi 69,01%, kemudian pada siklus II pertemuan I juga mengalami peningkatan 76,88% dengan kategori baik, dan pada siklus II pertemuan ke II meningkat menjadi 82,82% dengan kategori baik. Dari data yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Word Square.