Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IIS Pada Materi Konflik Sosial di SMA N 1 Batusangkar

  • Rahma Fitri Universitas Negeri Padang
  • Ike Sylvia Universitas Negeri Padang
Keywords: model pembelajaran, snowball throwing, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar Sosiologi siswa kelas XI.IIS di SMA N 1 Batusangkar. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena dua faktor, yaitu eksternal dan internal. Salah satu faktor yang dapat ditingkatkan untuk meperbaiki mutu pembelajaran adalah dengan memvariasikan model pembelajaran salah satunya melalui model Snowball Throwing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar Sosiologi siswa pada materi konflik sosial. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif tipe eksperimen. Model rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest dan posttest - Random Controll Group Postess Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI.IIS SMA N 1 Batusangkar tahun pelajaran 2019/2020. Dari tiga kelas, dipilih dua kelas yaitu XI.IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI.IIS 3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji normalitas data yang terdiri dari uji homogenitas dan uji hipotesis. Analisis data diperoleh skor rata – rata di kelas eksperimen = 83,23 dan untuk kelas kontrol diperoleh rata – rata = 76,91 dan thitung = 13386 dan ttabel = 0,10744 pada α = 0,05 . H1 diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar sosiologi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-30
How to Cite
Fitri, R., & Sylvia, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IIS Pada Materi Konflik Sosial di SMA N 1 Batusangkar. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 239-245. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.34