Pengembangan Media Komik pada Mata Pelajaran Sosiologi untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan produk pengembangan berupa media komik mengenai materi konflik sosial yang layak digunakan dari segi validitas, praktikalitas dan efektivitas. Pengembangan media komik ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas XI. Media komik dirasa cukup efektif digunakan sebagai media pembelajaran, karena komik memiliki gambar dan warna-warna yang bisa menarik perhatian peserta didik. Alur cerita pada komik juga didirancang semenarik mungkin agar siswa mau membacanya hingga selesai. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and developmet (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan milik Bord And Gall. Uji coba produk dilakukan pada siswa kelas XI SMAN 1 Payakumbuh dengan sumlah 36 peserta didik. Kelayakan produk ini dari segi validitas telah diuji oleh dua orang ahli dengan hasil validitas media dengan rata-rata 4,10 dengan nilai validitas 82% (sangat baik). Untuk validitas materi diperoleh rata-rata 4.5 dengan nilai validitas 90% (sangat baik). Sedangkan pratikalitas media mendapatan rata-rata 4.65. Terakhir untuk uji keefektifan media didapatkan perbandingan thitung > ttabel yang artinya medi komik efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran sosiologi.