Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Melalui Penerapan Model Students Divisions Achievement Divisions di XI IPS 1 SMANegeri 1 Bukittinggi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan siswa pada mata pelajaran sosiologi melalui penerapan model kooperatif tipe Students Teams Achievement Divisions di SMA Negeri 1 Bukittinggi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendah nya tingkat keaktifan siswa kelas XI.IPS.1 dalam proses pemebelajaran sosiologi. Upaya untuk meningkatkan keaktifan siswa dengan menerapkan model Students Teams s Achievement Divisions. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dalam 1 siklus terdapat 2 kali pertemuan dan setiap siklus terdapat 4 buah tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI.IPS.1 SMA Negeri 1 Bukittinggi yang berjumlah sebanyak 36 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar observasi yang berisi indikator keaktifan dalam belajar. Pada penelitian ini peneliti menetapkan tingkat keberhasilan dalam penelitian pada kategori baik yaitu 75% keatas. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keaktifan dalam belajar dengan penerapan model Students Teams Achievement Divisions. Dapat dilihat pada siklu I pertemuan pertama rata-rata skor keaktifan per indikator sebesar 62,36% dan pada silklus ke II pertemuan kedua sebesar 84,86%.