Studi Evaluatif Penerapan Strategi Pembelajaran Sosiologi di SMA N 2 Pariaman

  • Fetri Demi Susanti Universitas Negeri Padang
  • Junaidi Junaidi Universitas Negeri Padang
Keywords: Pembelajaran Sosiologi, SMAN 2 Pariaman, Strategi

Abstract

Pembelajaran sosiologi masing-masing kelas menuntut strategi pembelajaran yang berbeda namun guru yang mengajar tidak berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi pembelajaran sosiologi oleh guru di SMAN 2 Pariaman, Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif tipe evaluatif. Hasil penelitian menggungkapkan bahwa strategi pembelajaran sosiologi yang diterapakan oleh guru di SMAN 2 Pariaman adalah strategi pembelajaran inquiri based learning dan problem solving based learning. Secara keseluruhan pelaksanaan strategi pembelajaran tersebut dilakukan guru berbeda dengan strategi yang terdapat di dalam RPP, ketidaksesuaian ini disebabkan karena kurangnya pemahaman guru mengenai strategi pembelajaran, kurangnya ketersediaan sumber belajar, kurangnya motivasi belajar siswa dan alokasi waktu. Sehingga hal tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini berguna sebagai pedoman dan masukan khususnya untuk guru mata pelajaran sosiologi dalam menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-29
How to Cite
Susanti, F. D., & Junaidi, J. (2020). Studi Evaluatif Penerapan Strategi Pembelajaran Sosiologi di SMA N 2 Pariaman. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 160-167. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.29