Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Sosiologi Pada Kelas XII IPS di SMAN 5 Padang

  • Lusiana Rosalina Universitas Negeri Padang
  • Junaidi Junaidi Universitas Negeri Padang
Keywords: Minat Belajar, Hasil belajar, Siswa

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada hubungan minat belajar siswa dengan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk melihat korelasi minat belajar dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran sosiologi kelas XII IPS di SMAN 5 Padang. Faktor yang diteliti meruakan faktor internal yaitu minat, adapun indikator minat yang diteliti adalah adanya rasa ketertarikan terhadap pelajaran, adanya pemusatan perhatian, adanya keingintahuan yang besar, adanya kebutuhan terhadap pelajaran dan perasaan senang dalam belajar. Penelitian ini adalah penelitian expost facto. Populasi pada penelitian ini sebanyak 93 orang, jumlah sampel sebanyak 75 responden menggunakan rumus Arikunto. Sampel setiap kelas ditentukan dengan proportional random sampling. Data dikumpulkan mengunakan angket. Hasil yang di dapat menunjukkan bahwa adanya korelasi yang signifikan antara variabel minat belajar dengan hasil belajar sosiologi yang diperoleh peserta didik kelas XII IPS, hal ini dibuktikan dengan adanya koefisien korelasi (rxy )1,99 > rtabel 0,227 dan juga dari indikator minat belajar mendapatkan hasil bahwa semua indikator mempunyai hubungan atau berkorelasi dengan hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-29
How to Cite
Rosalina, L., & Junaidi, J. (2020). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Sosiologi Pada Kelas XII IPS di SMAN 5 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 175-181. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.24