Hubungan Karakter Disiplin Siswa Dengan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Padang

  • Mia Fahira Martias Universitas Negeri Padang
  • Desri Nora Universitas Negeri Padang
Keywords: Karakter disiplin, Hasil belajar, Siswa

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara karakter disiplin dengan hasil belajar sosiologi siswa di SMA Negeri 4 Padang. Jenis penelitian ini tergolong penelitian ex post facto. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 4 Padang, teknik pengambilan sampel adalah proportional random sampling, dengan jumlah sampel 78 siswa. Variabel yang diteliti yaitu: (1) variabel bebas: karakter disiplin (X), 2) variabel terikat: hasil belajar siswa (Y). Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode angket dengan skala likert. Keabsahan data menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data untuk uji hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil uji hipotesis dengan rumus korelasi product moment diperoleh nilai rhitung 1,402 > rtabel 0.222, hal ini berarti terdapat hubungan antara karakter disiplin dengan hasil belajar siswa. Pada penelitian ini terdapat 5 indikator. Pertama, indikator ketaatan terhadap tata tertib di sekolah memiliki rhitung 1,007 dengan rtabel 0,222. Kedua, indikator ketaatan terhadap kegiatan belajar di sekolah, pada indikator ini nilai rhitung 1.185 dan nilai rtabel 0,222. Ketiga, indikator ketaatan dalam mengerjakan tugas-tugas pelajaran, memiliki nilai rtabel 1,089 dan rhitung 0,222. Keempat, indikator mengucapkan salam. Memiliki nilai rhitung 0,872 dan rtabel 0,222. Kelima, indikator berdoa ketika berktivitas. Nilai rhitung 1,405 dengan rtabel 0,222. Hasil penelitian sesuai dengan pendapat teori karakter dari Lickona yang menyatakan bahwa karakter berkaitan dengan konsep moral, sikap moral dan perilaku moral, karakter yang dibelajarkan dengan baik pada proses pembelajaran akan memperlihatkan munculnya pengetahuan tentang kebaikan, keinginan untuk berbuat baik dan melakukan perbuatan baik, sehingga hasil belajar sebagai output dari proses pembelajaran akan berhasil baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-29
How to Cite
Fahira Martias, M., & Nora, D. (2020). Hubungan Karakter Disiplin Siswa Dengan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 183-190. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.22