Hubungan Kecanduan Internet (Internet Addiction) dengan Motivasi Belajar Siswa SMA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 6 Padang. Salah satu indikasi penyebabnya adalah tingginya aktifitas siswa bermain game online ketika berada di luar sekolah. Diasumsikan bahwa siswa mengalami ketergantungan atau kecanduan terhadap internet (internet addiction) yang mengakibatkan motivasi belajar siswa terganggu, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecanduan internet (internet addiction) dengan motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 6 Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 6 Padang yang berjumlah sedangkan sampel berjumlah 74 orang dan diambil menggunakan teknik proportional sampling. Teknik pengumpulan data melalui angket, dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus Lilliefors, uji hipotesis dengan rumus korelasi product moment, serta menghitung koefisien determinan. Hasil uji hipotesis dengan rumus korelasi product moment diperoleh nilai rhitung 0,569 sedangkan rtabel 0,277, hal ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kecanduan internet (internet addiction) dengan motivasi belajar siswa, dengan korelasi determinan sebesar 32,4% yang berarti kecanduan internet (internet addiction) mempengaruhi motivasi belajar sebesar 32,4%.
Downloads
Copyright (c) 2022 Ramadansyah Putra Ritonga & Ike Sylvia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.