Profil Karakter Disiplin Siswa Setelah Diterapkannya Sistem Zonasi di SMAN 1 Pariaman

  • Fadzila Muharaini Universitas Negeri Padang
  • Desri Nora Universitas Negeri Padang
Keywords: Karakter disiplin, Sistem zonasi, SMAN 1 Pariaman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan karakter kedisiplinan siswa pasca penerapan sistem zonasi di SMAN 1 Pariaman. Untuk menemukan bentuk karakter disiplin siswa tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pemilihan informan yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 7 orang yang terdiri dari siswa, guru kelas, pembimbing dan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Dalam menganalisi data digunakan teknik analisis data interaktif Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam untuk menganalisis hasil penelitian ini adalah teori perilaku sosial yang dikemukakan oleh B.F Skinner. Hasil yang diperoleh adalah setelah diterapkannya sistem zonasi di SMAN 1 Pariaman tingkat kedisiplinan siswa mengalami penurunan, siswa sering terlambat masuk sekolah, tidak disiplin dalam melaksanakan tugas, tidak santun dalam belajar dan tidak patuh pada tata tertib. peraturan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-25
How to Cite
Muharaini, F., & Nora, D. (2022). Profil Karakter Disiplin Siswa Setelah Diterapkannya Sistem Zonasi di SMAN 1 Pariaman. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 90-99. https://doi.org/10.24036/sikola.v4i2.204