Lesson Study dalam Meningkatkan Ketrampilan 4C (Critical Thingking, Collaborative, Communicative dan Creative) pada Pembelajaran Sosiologi yang Terintegrasi ABS-SBK di SMAN 1 Pasaman
Abstract
Artikel ini menggambarkan tentang penerapan Lesson Study dalam meningkatkan ketrampilan 4C (Critical Thinking, Collaborative, Commnicative, dan Creative) pada pembelajaran sosiologi. Tuntutan kurikulum berbasis 4.0 menuntut siswa harus mampu bekerja sama, berkomunkasi, berfikir kritis dan kreatif, tuntutan ini dapat dicapai jika guru membuat pembelajaran yang dapat meningkatkan ketrampilan 4C. Dalam meningkakan kemampuan 4C dapat dilakukan dengan menerapkan kegiatan lesson study, selain itu peningkatan ketrampilan 4C juga harus diikuti dengan penanaman karakter yang dapat menyiapkan siswa dalam menghadapi tantangan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan Lesson study merupakan bentuk pembelajaran yang meningkatkan kemampuan berfikir tingkat tinggi dan ketrampilan 4C (critical thinking, creative, collaborative, dan commnicative). Penerpaan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ASB-BSK) dalam membentuk karakter religius pada siswa dapat dimasukan kedalam materi pembelajaran Sosiologi menggunakan pembelajaran indirect teching, penguatan pendidikan karakter dengan penanaman nilai Al-Quran dan budaya Minangkabau merupakan alternatif untuk menumbuhkembangkan karakter religius dan bermasyarakat.