Penggunaan Model Talking Stick Berbantuan Kamus Mini Sebagai Sumber Belajar Sosiologi Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Menengah Atas

  • Tania Candra SMAN 1 Batang Anai
  • Ike Sylvia Universitas Negeri Padang
Keywords: Pemahaman konsep, Kamus mini, Sumber belajar, Talking stick

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman konsep siswa di kelas X.1 SMAN 8 Padang. Sumber belajar yang inovatif perlu digunakan dalam proses pembelajaran agar pemahaman konsep siswa dapat meningkat, maka dalam penelitian ini dilakukan upaya peningkatan pemahaman konsep sosiologi siswa melalui model talking stick berbantuan sumber belajar kamus mini dan media scramble. Untuk mencapai tujuan tersebut melalui penelitian tindakan kelas yang terdiri dari langkah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Selama dua siklus dan empat kali pertemuan pada materi pengendalian sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase observasi pemahaman konsep siswa pada siklus I rata-rata naik sebesar 21,5% dan pada siklus II sebesar 41,03%. Skor tes pemahaman konsep sosiologi siswa rata-rata pada siklus I sebesar 81,71% dan 100% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa indikator keberhasilan dalam penelitian ini telah tercapai yaitu mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-13
How to Cite
Candra, T., & Sylvia, I. (2022). Penggunaan Model Talking Stick Berbantuan Kamus Mini Sebagai Sumber Belajar Sosiologi Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(4), 315-333. https://doi.org/10.24036/sikola.v3i4.186