Penerapan Model Pembelajaran P4 (Preparation, Presentation, Practice, Performance) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi SMA

  • Roza Nurlia MAN 3 Padang
Keywords: Aktifitas Pembelajaran, Model Pembelajaran, P4, Pembelajaran Sosiologi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi kelas XI IS 2 SMA N Pariaman. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya aktifitas siswa mencatat materi pelajaran 32,35%, bertanya selama proses pembelajaran berlangsung 8,82%, mengeluarkan pendapat 11,76% berdiskusi 11,76% dan menyimpulkan materi pelajaran 5,89%. Guna mengatasi masalah di atas, perlu usaha untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa antara lain dengan menggunakan model pembelajaran yang memiliki sintak untuk mendorong siswa aktif dalam proses pembelajaran. Adapun salah satu solusi yang tepat adalah dengan menggunakan model pembelajaran P4 (Preparation, Presentation, Practice, Performance). Oleh karena itu penelitian ini berjenis penelitian yang dipakai adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari empat kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi agar dapat meningkatkan mutu proses pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI.IS.2 SMA N 1 yang berjumlah 34 orang. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktifitas belajar siswa. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas belajar siswa, sedangkan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi aktifitas siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif persentase dengan rumus P= (F/N) x 100%. Aktifitas siswa mencatat materi pelajaran 97,05%, bertanya selama proses pembelajaran berlangsung 52,94%, mengeluarkan pendapat 58,82%, berdiskusi 73,52% dan menyimpulkan materi pelajaran 44,11%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran P4 (Preparation, Presentation, Practice, Performance) dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa dalam hal mencatat materi pelajaran, bertanya selama proses pembelajaran berlangsung, mengeluarkan pendapat, berdiskusi dan menyimpulkan materi pelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-01
How to Cite
Nurlia, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran P4 (Preparation, Presentation, Practice, Performance) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi SMA. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(4), 294-301. https://doi.org/10.24036/sikola.v3i4.185