Pendidikan Karakter Melalui Program Mentoring Studi Kasus: SMP Perguruan Islam Ar-Risalah Kota Padang

  • Mega Mustika Universitas Negeri Padang
  • Wirdanengsih Wirdanengsih Universitas Negeri Padang
Keywords: SMP Perguruan Islam Ar-risalah, Pendidikan Karakter, Program mentoring

Abstract

 Berangkat akan pentingnya pendidikan karakter di sekolah, banyak sekolah yang berorientasi pada kognitif.  SMP Perguruan Islam Ar Risalah Kota Padang sekolah berbasis agama yang merupakan sekolah berorientasi pada pembinaan karakter peserta didik. Pembinaan karakter dilakukan melalui program mentoring yang menjadi program wajib yang diikuti oleh peserta didik. Tujuan penelitian memberikan gambaran pendidikan karakter melalui program mentoring di SMP Perguruan Islam Ar Risalah Kota Padang. Penelitian ini menggunakan Teori Belajar Sosial dari Albert Bandura. Penelitian ini menngunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan di SMP Perguruan Islam Ar Risalah Kota Padang. Data dikumpulkan dengan wawancara, obbservasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunaka metode interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) program mentoring sebagai salah satu sarana pembinaan karakter di SMP Perguruan Islam Ar Risalah yang memiliki bentuk-bentuk kegiatan berupa tilawah Al Qur’an, pembacan doa, kultum, rihlah, qodhoya, memasak bersama. 2) karakter yang dibina melalui mentoring adalah karakter religius, peduli sosial, kerjasama, bersaudara.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-13
How to Cite
Mustika, M., & Wirdanengsih, W. (2019). Pendidikan Karakter Melalui Program Mentoring Studi Kasus: SMP Perguruan Islam Ar-Risalah Kota Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 109-119. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i2.18