Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Daring Sosiologi Melalui Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Moodle

  • Ridha Ridha SMAN 4 Pariaman
Keywords: Blended Learning, Hasil Belajar, Moodle, Partisipasi Belajar, Pembelajaran Online

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar dan hasil belajar daring sosiologi dengan menggunakan model pembelajaran Blended Learning berbasis Moodle. di kelas XII IPS 2 SMA Negeri 4 Pariaman. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan hasil ulangan harian peserta didik yang dilaksanakan di setiap siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pada masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus statistik deskripstif persentase, dan untuk melihat peningkatan partisipasi siswa dilakukan perbandingan pada setiap siklusnya. Dari hasil penelitian diketahui bahwa partisipasi belajar peserta didik pada siklus I sebesar 82.85% meningkat pada siklus II menjadi 92.14%. Hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan tingkat ketuntasan sebesar 68.57% meningkat menjadi 88.57% pada siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa bahwa penggunaan model pembelajaran Blended Learning berbasis Moodle dapat meningkatkan partisipasi belajar dan hasil belajar Sosiologi di kelas XII IPS 2 SMA Negeri 4 Pariaman.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-31
How to Cite
Ridha, R. (2021). Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Daring Sosiologi Melalui Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Moodle. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 188-200. https://doi.org/10.24036/sikola.v3i2.174