Project-based Learning Untuk Mengembangkan Kompetensi 4C: Implementasinya Pada Pembelajaran Sosiologi SMA

  • Lilik Tahmidaten PPPPTK PKN & IPS Kemendikbudristek
Keywords: kompetensi 4C, pembelajaran sosiologi, project-based learning

Abstract

Abad 21 yang penuh dengan kompleksitas kehidupan seolah mengharuskan setiap manusia yang hidup pada masa itu untuk memiliki critical thinking, creative thinking, collaboration dan communication skills. Untuk itu setiap pembelajaran di sekolah sangat perlu membekali peserta didiknya dengan kompetensi Abad 21. Melalui kajian teoritis, berbagai model pembelajaran telah diutarakan berbagai pakar untuk membekali kompetensi tersebut, salah satunya adalah model project-based learning yang diyakini mampu merepresentasikan pembelajaran sosial yang akan mendorong peserta didik menjadi mahir dengan keterampilan abad 21. Telaah secara teoritis pula menunjukkan bahwa tujuan, hakekat dan pendekatan pembelajaran sosiologi pada jenjang SMA di Indonesia sesuai dengan karakteristik model project-based learning. Dengan demikian model ini patut menjadi alternatif pilihan para pendidik mata pelajaran sosiologi jenjang SMA untuk diimplementasikan dalam pembelajarannya. Untuk mengimplementasikannya, para pendidik perlu menerapkan beberapa langkah dalam merancang model project-based learning, agar pembelajarannya menjadi bermakna bagi peserta didiknya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-31
How to Cite
Tahmidaten, L. (2021). Project-based Learning Untuk Mengembangkan Kompetensi 4C: Implementasinya Pada Pembelajaran Sosiologi SMA. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 201-220. https://doi.org/10.24036/sikola.v3i2.172