Pengembangan LKPD Pembelajaran Sosiologi Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis untuk Peserta Didik Kelas XI IPS SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMA N 1 Kinali melalui pengembangan LKPD berbasis PBL. Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik yang terlihat dari rendahnya kemampuan siswa dalam menyimpulan materi pelajaran. Maka perlu adanya metode untuk mestimulasi kemampuan peserta didik tersebut salah satunya menggunakan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL). Jeis penelitian ini Research and Development. Pengambilan data dilakukan melalui observasi dan pengisian angket (kuesoner) yang telah divalidasi kelayakan, praktikalis dan efektifitas LKPD oleh tim ahli. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada validasi media dan materi yang diisi oleh 2 orang validator yang merupakan dosen sosiologi UNP, ada beberapa aspek yang terdapat dalam lembar validasi media dan materi yang mendapatkan nilai 0,72 dan masuk dalam kategori “tinggi”. Angket uji praktikalitas di atas menunjukan bahwa hasil analisis penilaian praktikalitas oleh peserta didik memperoleh nilai rata-rata 0,80 dengan tingkat praktikalitas “tinggi”. Hasil hitung validitas materi, media, dan praktikalitas membuktikan bahwa LKPD yang dihasilkan Valid dan Praktis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (LKPD) berbasis PBL yang dihasilkan oleh peneliti berasa pada tingkat layak digunakan untuk pembelajaran sosiologi pokok pembahasan kelompok sosial pada peserta didik di kelas XI IPS 1 SMA N 1 Kinali. LKPD juga mampu membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.