Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 26 Padang
Abstract
Pendidikan karakter perlu dibelajarkan pada peserta didik di institusi pendidikan, agar dapat menumbuhkan perilaku yang sesuai dengan agama, nilai, dan norma yang dianut. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan penguatan pendidikan karakter pada masa pandemi covid 19 di SMPN 26 Padang. Teori yang digunakan pada penelitian, yaitu teori struktural fungsional oleh Talcot Parson. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakanobservasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pelaksanaan penguatan pendidikan karakter pada masa pandemi covid 19 di SMPN 26 Padang dilaksanakan melalui pengintegrasian nilai-nilai karakter religius, jujur, dan bertanggung jawab. Melalui kegiatan rutin di awal pembelajaran dengan berdoa dan pemberian motivasi, kemudian dilanjutkan dengan pengontrolan keterlaksanaan sikap-sikap religius dan sosial siswa melalui buku agenda.