Hubungan Persepsi Mahasiswa Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang Tentang Profesi dengan Minat Menjadi Guru

  • Khairul Amri Universitas Negeri Padang
  • Junaidi Junaidi Universitas Negeri Padang
Keywords: Minat, Profesi Guru, Sosiologi

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya kecenderungan awal rendahnya minat mahasiswa pada Prodi Pendidikan Sosiologi FIS UNP untuk menjadi guru, sementara setiap mahasiswa yang memilih prodi keguruan tentu sudah memiliki persespsi sendiri tentang profesi guru, sehingga para mahasiswa tersebut secara mandiri akan konsisten utuk mengembangkan dirinya dalam mencapai tujuannya.  Penelitian ini mencoba membuktikan apakah terdapat hubungan persepsi tentang profesi guru dengan minat menjadi guru yang dapat menjadi pemicu para mahasiswa untuk berkembang dikemudian harinya.  Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan data dengan melakukan penyebaran angket secara secara online dengan menggunakan bantuan google form kepada 155 sampel mahasiswa tahun masuk 2016 yang telah menyelesaikan program praktek lapangan kependidikan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi product momen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi mengenai profesi guru dengan minat menjadi guru pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-27
How to Cite
Amri, K., & Junaidi, J. (2021). Hubungan Persepsi Mahasiswa Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang Tentang Profesi dengan Minat Menjadi Guru. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 149-156. https://doi.org/10.24036/sikola.v3i2.164