Efektivitas E-Modul Pembelajaran Sosiologi Berbasis Anyflip dalam Meningkatkan Penguasaan Materi Siswa Kelas XI di SMA

  • Rizka Anggelina Universitas Negeri Padang
  • Ike Sylvia Universitas Negeri Padang
Keywords: E-Modul, Efektifitas, Pembelajaran sosiologi

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi bagi umat manusia untuk bisa bertahan (survive) dalam menghadapi tantangan dan masalah yang ada di dalam kehidupan. Pada abad 21 perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat berkembang dan berpengaruh untuk mendorong digitalisasi dalam pembelajaran. Untuk menyikapi hal tersebut, pemanfaatan sumber belajar perlu mengintegrasikan teknologi moderen agar dapat memacu berkembangnya kompetensi abad 21 siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sumber belajar berupa e-modul pada pembelajaran sosiologi berbasis anyflip yang dapat meningkatkan penguasaan materi siswa serta dapat digunakan pada pembelajaran sosiologi Kelas XI IPS SMA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian one group prettest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah 31 orang siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 6 Merangin. Uji analisis data menggunakan uji t untuk data berhubungan. Hasil dari penelitian ini menunjukan e-modul pada pembelajaran sosiologi berbasis anyflip ini terbukti efektif sesuai dengan hasil pengujian yang empiris.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-30
How to Cite
Anggelina, R., & Sylvia, I. (2021). Efektivitas E-Modul Pembelajaran Sosiologi Berbasis Anyflip dalam Meningkatkan Penguasaan Materi Siswa Kelas XI di SMA. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 94-103. https://doi.org/10.24036/sikola.v3i2.157