Hubungan Aktivitas Penggunaan Media Sosial dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS di SMA N 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok

  • Nadia Oktavia Universitas Negeri Padang
  • Ike Sylvia Universitas Negeri Padang
Keywords: Hasil belajar, Penggunaan Sosial Media, Siswa

Abstract

Tingginya aktivitas siswa dalam menggunakan media sosial pada saat proses pembelajaran menyebankan hasil belajar mata pelajaran sosiologi belum maksimal. Penelitian ini memfokuskan pada hubungan aktivitas penggunaan media sosial dengan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan aktivitas penggunaan media sosial terhadap  hasil belajar siswa  pada mata pelajaran sosiologi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pantai Cermin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Variabel dalam penelitian ini  terdiri dari variabel bebas aktivitas mengakses sosial media dan variabel terikat hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA N 1 Pantai Cermin yang berjumlah 85 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Berdasarkan uji hipotesis menggukan teknik analisis product moment dapat dilihat bahwa nilai pearson corelation  pada masing-masing variabel 0.368 atau berada 0,20–0,399. Hal ini menunjukkan bahwa corelasi antara variabel x terhadap y dapat dikatakan lemah pada indikator aktivitas mengakses media sosial aplikasi Facebook, Tiktok, Whatsapp, dan Instagram. Dari hasil observasi didapatkan penggunaan media sosial yang beragam pada kelas XI IPS yang didominasi oleh sosial media Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Tiktok.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-29
How to Cite
Oktavia, N., & Sylvia, I. (2021). Hubungan Aktivitas Penggunaan Media Sosial dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS di SMA N 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 179-187. https://doi.org/10.24036/sikola.v3i2.155