Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Sosiologi SMA untuk Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penilaian terhadap lembar kerja peserta didik model problem based learning mampu meningkatkan keterampilan dalam memecahkan masalah materi sosiologi pada peserta didik kelas XI IPS 3 SMAN 2 Pasaman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) yang mana ada define, design, develop, dan disseminate, teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Untuk melihat layak atau tidaknya instrumen penelitian ini dilihat dari skor angket praktikalitas dari guru dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan teori yang bernanama teori konstruktivistik oleh Piaget yang dimana teori konstruktivisme merupakan sebuah teori yang sifatnya membangun, membangun dari segi kemampuan, pemahaman, dalam proses pembelajaran. Sebab dengan memiliki sifat membangun maka dapat diharapkan keaktifan dari pada peserta didik akan meningkat kecerdasannya. Dari penelitian ini terdapat pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik terdapat hasil belajar peserta didik pada materi integrasi sosial pada kelas XI IPS 3 SMAN 2 Pasaman dari hasilnya layak digunakan.