Pelaksanaan Pembelajaran Sosiologi Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19

  • Ridho Illahi Universitas Negeri Padang
  • Ike Sylvia Universitas Negeri Padang
Keywords: Belajar dari rumah, Pembelajaran jarak jauh, SE Kemendikbud No 15 Tahun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujujuan untuk (1) Untuk mengetahui implementasi pelaksanaan BDR yang dilakukan oleh kepala satuan pendidikan dan guru untuk mendukung terselenggaranya proses pembelajaran jarak jauh di SMA Negeri 2 Bukittinggi (2) Untuk mengetahui implementasi pelaksanaan BDR oleh peserta didik pada masa Covid -19 di SMAN 2 Bukittinggi (3). Untuk mengetahui implementasi pelaksanaan BDR oleh orang tua pada masa Covid-19 di SMAN 2 Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah satuan pendidikan, guru, dan peserta didik kelas XI IPS. Teknik sampling yang digunakan yaitu random sampling, jumlah responden sebanyak 4 satuan pendidikan, 1 guru sosiologi, dan peserta didik sebanyak 69. Instrumen yang digunakan yaitu angket, disusun menggunakan Google Form dan dibagikan ke dalam WhatsApp Group kelas. Hasil penelitian ini menunjukan Implementasi kebijakan BDR yang diterapkan oleh satuan pendidikan dan guru dinyatakan dalam kategori sedang, perserta didik dalam kategori sedang, orang tua dalam kategori sedang sehingga dapat di simpulkan bahwa implementasi pelaksanaan BDR oleh satuan pendidikan, guru, peserta didik, dan orang tua di SMAN 2 Bukittinggi sejalan dengan SE Kemendikbud No 15 tahun 2020 saat PJJ.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-31
How to Cite
Illahi, R., & Sylvia, I. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Sosiologi Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 246-256. https://doi.org/10.24036/sikola.v3i3.153