Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Sosiologi Kelas X SMA Berbasis Discovery Learning

  • Dian Nurhayati Universitas Negeri Padang
  • Ike Sylvia Universitas Negeri Padang
Keywords: Penguasaan Materi, Pembelajaran Sosiologi, Lembar Kerja Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum tercapainya penguasaan materi pada peserta didik dan kurangnya sumber belajar yang tersedia di sekolah.  Metode yang digunakan oleh gurunya juga masih berupa metode ceramah (techer centered) yang hanya berpusat pada guru, sedangkan kurikulum 2013 menuntut peerta didik untuk aktif dalam pembelajaran dan membiasakan peserta didik peserta didika didik untuk terbiasa membangun konsep dalam proses belajar. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan LKPD Sosiologi berbasis Discovery Learning pada materi perilaku Menyimpang untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektifitasnya. Penelitian ini berjenis R&D, LKPD ini dirancang mengikuti model pengembangan 4 D dan diujicobakan pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Payakumbuh.  Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket dan soal. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS 1 berjumlah 38 orang. Data dianalisis menggunakan rumus persentase dan Uji T untuk melihat perbedaan skor pretest dan posttest. Penelitian ini dianalisis dengan teori konstruktivistik yang dikemukakan oleh Piaget. Temuan penelitian LKPD yang dikembangkan valid, praktis dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-30
How to Cite
Nurhayati, D., & Sylvia, I. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Sosiologi Kelas X SMA Berbasis Discovery Learning. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 55-69. https://doi.org/10.24036/sikola.v3i1.152