Pengembangan Instrumen Penilaian Produk Pada Pembelajaran Sosiologi untuk Mengukur Keterampilan Siswa SMA

  • Radiyah Muhsin Mubarikah Universitas Negeri Padang
  • Ike Sylvia Universitas Negeri Padang
Keywords: Instrumen penilaian produk, Keterampilan, Pembelajaran sosiologi, Video

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian produk untuk mengukur keterampilan siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran sosiologi kelas XI SMA, yang validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen penilaian produk dihasilkan setelah melalui 5 tahapan yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Pada tahap analisis dilakukan analisis kebutuhan dengan teknik wawancara dan observasi lapangan yang dilakukan di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Banjarnegara. Pada tahap perencanaan dilakukan penyusunan draft instrumen penilaian produk, serta ditentukan langkah-langkah yang ditempuh pada pengembangan instrumen penilaian produk. Pada tahap pengembangan dilakukan penyempurnaan draft instrumen penilaian produk berdasarkan saran, masukan, dan komentar dari ahli. Instrumen penilaian produk yang dikembangkan terdiri dari 3 aspek yaitu aspek persiapan pembuatan video, proses pembuatan video, hasil produk video, dengan pembobotan 40% pada tahap perencanaan, 30% pada tahap proses, dan 30% pada tahap pelaporan (penilaian). Kevalidan instrumen penilaian produk termasuk pada kriteria sangat baik dan memiliki koefisien sebesar 0,86. Sangat praktis dengan persentase 88%, dan efektif. Oleh karena itu, instrumen penilaian produk memenuhi kriteria kualifikasi yang baik, valid, dan reliabel sehingga layak digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-30
How to Cite
Mubarikah, R. M., & Sylvia, I. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Produk Pada Pembelajaran Sosiologi untuk Mengukur Keterampilan Siswa SMA. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 38-54. https://doi.org/10.24036/sikola.v3i1.150