Implementasi Pendidikan Literasi Intrakurikuler Pada Mata Pelajaran Sosiologi SMA Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan

  • Vera Yulinda Universitas Negeri Padang
  • Reno Fernandes Universitas Negeri Padang
Keywords: Penerapan, Literasi, Sosiologi

Abstract

Pada artikel ini akan dibahas bagaimana implementasi pendidikan literasi intrakurikuler pada mata pelajaran sosiologi SMA N 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir selatan. Hasil penelitian ini dikaji dengan menggunakan teori difusi inovasi yang dikemukakan oleh Rogers dan Kanuk. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif tipe deskriptif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara, pengumpulan dokumen yang berhubungan dengan topik penelitian dan studi kepustakaan. Setelah data terkumpul dikaji dengan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan yang pertama, bahwa Gerakan Literasi Sekolah (GLS) telah diterapkan di SMA Negeri 1 Linggo Sari Baganti secara prosedur sudah berjalan tapi secara subtansi belum berjalan dengan baik, seharusnya pihak sekolah harus menyediakan seperti perpustakaan mini di kelas dan melengkapi gerakan literasi yang ada,namun dalam pelaksanaanya ada beberapa hal yang dirasa belum optimal seperti sarana dan prasarana sekolah yang belum mencukupi dan kendala guru dalam pembuatan RPP k13. Kedua, integrasi literasi dengan mata pelajaran belum berjalan dengan baik seperti didalam RPP guru memebuat kegiatan literasi tapi di dalam proses pembelajaran tidak diterapkan. Pihak sekolah SMA N 1 Linggo Sari Baganti berupaya menumbuhkan kegiatan literasi dan melengkapi sarana danĀ  prasarana sekolah agar budaya literasi berjalan secara maksimal

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-13
How to Cite
Yulinda, V., & Fernandes, R. (2019). Implementasi Pendidikan Literasi Intrakurikuler Pada Mata Pelajaran Sosiologi SMA Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 120-126. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i2.15