Pengembangan Video Blogging Dalam Pembelajaran Sosiologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA
Abstract
Penelitian ini mengkaji mengenai pengembangan video blogging sebagai media pembelajaran sosiologi, serta untuk mengetahui kelayakan media video blogging pelajaran sosisologi dengan topik bentuk integrasi sosial dan faktor pendorong integrasi sosial yang dikembangkan berdasarkan respon siswa, dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media video blogging (vlog) sebagai media pembelajaran sosiologi. Jenis penelitian menggunakan pengembangan Reseach and Development dengan menggunakan model 4-D yaitu Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan media video blogging pada mata pelajaran sosiologi sangat layak digunakan, terbukti dari penilian ahli materi terhadap media video blogging dengan nilai 63 % dengan kategori baik. Penilaian validasi media terhadap media pembelajaran yang dikembangkan yaitu 93% dengan kategori sangat baik. Penilaian praktikalitas guru terhadap media pembelajaran yaitu 83 % dengan kategori sangat baik, dan penilaian tanggapan siswa terhadap media adalah 48 % dengan kategori cukup baik. Secara keseluruhan media pembelajaran berbasis video blogging dapat dikategorikan layak digunakan dalam proses pembelajaran tatap muka sekaligus daring. Pengembangan media video blogging dapat meningkatkan hasil belajar siswa, berdasarkan hasil analisis hasil belajar siswa diperoleh Sig (2-tailed) yaitu 0,01, yang dinyatakan bahwa ada perubahan hasil belajar belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media video blogging.