Efektivitas Media Pembelajaran E-Booklet Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi
Abstract
Pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 dilaksanakan secara daring. Demi terlaksananya proses pembelajaran yang mampu mencapai tujuan pembelajaran, perlu adanya penggunaan media pembelajaran yang menunjang proses pelaksanaan pembelajaran. Salah satu bentuk media yang dikembangkan adalah media pembelajaran E-Booklet. E-Booklet merupakan buku saku berbasis elektronik yang menarik dan mudah dipahami siswa. Penelitian ini memaparkan efektivitas penggunaan media pembelajaran E-Booklet dengan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian eksperimen dengan pretest and posttest control group design. Penelitian ini didasarkan pada teori konstruktivisme yang melibatkan kemampuan aktif siswa dalam mengkonstruksi makna dan pengetahuan melalui media pembelajaran E-Booklet. Berdasarkan hasil belajar siswa diperoleh pretest dengan rata-rata 75 dan postest rata-rata 95,83, sehingga terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran E-Booklet. Kemudian dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t dengan hasil sig <0,5. Hasil tanggapan responden mengenai keefektivan media E-Booklet memperoleh skor 88,31%, hal ini berarti media E-Booklet efektif digunakan saat pembelajaran daring.