Pengembangan E-Modul Pembelajaran Sosiologi Berbasis Flipbook Maker untuk Peserta Didik Kelas XI IPS SMA

  • Yulia Wilki Rahayu Universitas Negeri Padang
  • Erianjoni Erianjoni Universitas Negeri Padang
Keywords: E-Modul, Flipbook maker, Integrasi sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar dalam bentuk e-modul pembelajaran sosiologi berbasis flipbook maker untuk peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Sawahlunto dan mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitas e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Researce and Development), model pengembangan yang dipakai yaitu 4D (define, design, develop dan disseminate). Hasil penelitian berdasarkan analisis angket validitas oleh ahli media memperoleh rata-rata 0,83 yang masuk ke dalam kategori “sangat tinggi”, hasil analisis angket validitas oleh ahli materi memperoleh rata-rata 0,88 yang masuk ke dalam kategori “sangat tinggi”. Hasil angket praktikalitas guru memperoleh rata-rata 0,85 yang masuk ke dalam kategori “sangat tinggi”. Sedangkan hasil analisis angket peserta didik memperoleh rata-rata 0,80 yang masuk ke dalam kategori “tinggi”. Dengan demikian, hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa e-modul pembelajaran sosiologi berbasis flipbook maker untuk peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Sawahlunto yang dihasilkan valid dan praktis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-30
How to Cite
Rahayu, Y. W., & Erianjoni, E. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Sosiologi Berbasis Flipbook Maker untuk Peserta Didik Kelas XI IPS SMA. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 1-12. https://doi.org/10.24036/sikola.v3i1.142