Hubungan Interaksi Sosial Bentuk Akomodasi Guru-Siswa dengan Hasil Belajar Sosiologi Siswa SMAN 3 Padang
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena ketertarikan peneliti melihat hasil belajar siswa di SMA Negeri 3 Padang yang rendah akibat namun interaksi sosial yang terjadi antara guru dengan siswa berjalan dengan baik dan semestinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi sosial (akomodasi) dengan hasil belajar Sosiologi siswa SMA Negeri 3 Padang. Penelitian dianalisis dengan teori yang dikamukakan oleh Gegne dan Berliner. Di dalam penelitian ini digunakan suatu pendekatan kuantitaif Ex-Post Facto, teknik pemilihan proportional random sampling dan jumlah responden yang diambil 58 orang. Data sekunder dalam penelitian berupa hasil belajar dan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif data, pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebarkan angket. Hasil dalam penelitian ini dapat dilihat bahwa terdapat yang signifikan dalam korelasi antara variabel interaksi sosial (akomodasi) dengan hasil belajar Sosiologi siswa SMA Negeri 3 Padang dibuktikan dengan koefisien korelasi (rxy) 0, 459 > rtabel 0, 256.