Efektivitas Modul Dalam Pembelajaran Sosiologi Berbasis Weblog Terhadap Peningkatan Pemahaman Materi Peserta Didik di SMAN 6 Kota Jambi
Abstract
Sebelum abad 21, modul banyak berbentuk hardcopy. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), maka pada abad 21 pembelajaran dengan metode hardcopy berubah pada pembelajaran online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu peserta didik pada saat memahami materi dalam memecahkan masalah berdasarkan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Pengumpulan data dilakukan dengan bantuan instrumen soal berupa pretest dan posttest. Sumber data penelitian ini berasal langsung dari peserta didik kelas XI SMAN 6 Kota Jambi. Subjek penelitian sebanyak 35 peserta didik kelas XI IPS 3 dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Setelah dilakukan tes normalitas dan homogenitas maka untuk analisis data efektifitas modul pada pembelajaran sosiologi berbasis weblog dilakukan dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan modul pada pembelajaran sosiologi berbasis weblog terbukti efektif sesuai dengan hasil pengujian empiris.