Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X IIS Mata Pelajaran Sosiologi Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021 Di SMAN 10 Padang

  • Atika Permata Bunda Universitas Negeri Padang
  • Junaidi Junaidi Universitas Negeri Padang
Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Sosiologi

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas X IIS mata pelajaran sosiologi pada tahun ajaran 2020/2021 di SMAN 10 Padang. Hal ini berbeda dengan hasil belajar sosiologi peserta didik di kelas XII dan XI IIS yang tinggi, padahal pembelajaran sosiologi dibelajarkan oleh satu guru yang sama untuk semua tingkatan kelas. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas X IIS mata pelajaran sosiologi di SMAN 10 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan tipe penelitian studi kasus, pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan selama berada di lapangan yaitu di SMAN 10 Padang, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik kelas X IIS yaitu: (1) Tidak efektifnya pembelajaran selama daring, (2) Kebijakan Pemerintah dalam penerimaan peserta didik baru melalui sistem zonasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-06-09
How to Cite
Bunda, A. P., & Junaidi, J. (2021). Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X IIS Mata Pelajaran Sosiologi Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021 Di SMAN 10 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4), 297-306. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i4.130