Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Sosiologi Kelas XI IPS di SMAN 2 Padang

  • Muz Dalifah UNP
  • Junaidi Junaidi UNP
Keywords: Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar, Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti dalam melihat hasil belajar siswa di SMAN 2 Padang yang rendah akibat kurangnya perhatian orang tua terhadap hasil belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMAN 2 Padang. Penelitian ini dianalisis dengan teori yang dikamukakan oleh Gegne dan Berliner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif Ex-Post Facto, teknik pemilihan proportional random sampling dengan jumlah responden 50 orang.  Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket, data sekunder berupa hasil belajar dan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara variabel perhatian orang tua dengan hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Padang yang dibuktikan dengan koefisien korelasi (rxy) 0.778 > r tab (0.279).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-30
How to Cite
Dalifah, M., & Junaidi, J. (2019). Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Sosiologi Kelas XI IPS di SMAN 2 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 7-13. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i1.13