Pengembangan Blog Modul Sosiologi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X IPS di SMA N 2 Bilah Hulu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan blog modul sosiologi dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas X IPS di SMA N 2 Bilah Hulu yang berjumlah 30 siswa. Teori yang digunakan untuk menganalisis adalah teori konstruktivistik yang dikemukakan oleh Piaget. Penelitian ini berjenis research and development dengan model pengembangan 4D. Tahapan penelitian ini meliputi: (1) define/ pendefinisian, (2) design/ perancangan, (3) development/ pengembangan, dan (4) disseminate/ penyebaran. Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat untuk menguji kelayakan blog modul yang diperoleh dari ahli materi, ahli media, dan siswa. Hasil analisis data menunjukkan blog modul yang dikembangkan layak digunakan, dilihat dari validasi ahli media mendapatkan hasil sebesar 82% “sangat layak” dan validasi ahli materi mendapatkan hasil sebesar 85% “sangat layak”. Hasil menunjukan minat belajar siswa meningkat setelah mengunakan blog modul sosiologi dilihat dari hasil angket siswa sebesar 81,29% “sangat layak”.