Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 5 Bengkulu Utara
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan penggunaan media pembelajaran monopoli dalam pembelajaran sehingga mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) model 4D, dengan empat langkah utama yang terdiri atas pendefinisian, perencanaan, pengembangan, dan penyebarluasan. Sampel dari penelitian ini adalah 32 siswa kelas X IPS 4 SMA N 5 Bengkulu Utara. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi media, lembar validasi materi, angket respon/praktikalitas siswa atas media pembelajaran monopoli dan soal pree-test dan post-test siswa. Data dari pelaksaaan pembelajaran ini dianalisis menggunakan pedoman kriteria penelitian dalam bentuk presentase. Sedangkan data pre-test dan post-test dianalisa menggunakan T-hitung & dari T-tabel. Berdasarkan hasil uji efektifitas t-hitung sebesar 34,40 dan t-tabel dengan df=N-1 atau 32-1=31 dengan = 0,05 maka t-tabel 2,036 sehingga t-hitung > dari t-tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran monopoli layak digunakan sebagai media pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Sosiologi dengan hasil validitas sebesar 93% yang berarti “Sangat Layak”, serta hasil praktikalitas media sebesar 82% yang berarti “Baik”.