Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Sosiologi Berbasis Weblog Pada PembeIajaran SosioIogi Kelas X SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis weblog untuk mengakodomodasi kemampuan peserta didik menguasai materi (domain kognitif). Penelitian ini menggunakan model 4 D (define, design, develop, disseminate). Pada tahap uji praktek dilakukan dalam dua tahap yaitu uji satu banding satu (1 orang pengguna) dan uji kelompok lapangan (40 pengguna). Adapun indikator yang digunakan pada angket praktikalitas LKPD berbasis weblog ini adalah minat pengguna terhadap tampilan LKPD, proses penggunaan, pemahaman konsep dan materi, waktu yang disediakan serta evaluasi dalam LKPD. Hasil uji coba tahap pertama, guru sosioIogi menilai sangat praktis dengan niIai akhir 3,84. dan pada uji coba kedua memperoleh hasil bahwa LKPD berbasis web blog ini sangat praktis diterapkan kepada pengguna yaitu peserta didik di kelas X IPS 3 SMAN 1 Batusangkar dengan nilai uji praktikalitas sebesar 3,7. Berdasarkan hasil tersebut LKPD Sosiologi berbasis weblog untuk peserta didik kelas XI IPS yang diujicobakan di SMAN 1 Batusangkar sangat praktis untuk digunakan dan dapat dimanfaatkan oleh pengguna lain yang mempelajarkan materi yang sama karena LKPD ini tersedia dalam bentuk digital pada weblog.