Pengembangan Instrumen Penilaian Diri (Self Assesment) Untuk Menilai Karakter Spritual Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XI SMA

  • Aulia Putri Wandia Universitas Negeri Padang
  • Ike Sylvia Universitas Negeri Padang
Keywords: Instrumen penilaian, Pengembangan, Sikap spiritual, Sosiologi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis research and development, yang bertuajuan untuk mengembangkan instrumen penilaian diri untuk mengukur sikap religius peserta didik pada pembelajaran sosiologi SMA. Model pengembangan yang digunakan adalah 4 D yaitu: tahap pendefinisian (Define), tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap Diseminasi (Disseminate). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen pelaksanaan pembelajaran, instrumen validasi ahli, angket praktikalitas dan soal untuk menguji efektifitas. Teknik analisis data menggunakan analisis r product moment untuk menganalisa hasil validasi ahli, persentase untuk mengukur praktikalitas, dan uji t untuk mengukur efektifitas. Penelitian ini diujicobakan pada pembelajaran sosiologi kelas XI IPS 1 SMAN 1 Linggosari Baganti Pesisir Selatan, memperoleh hasil validitas produk (instrument penilaian diri, RPP dan Soal) dalam kategori sangat tinggi, hasil pretest dan posttest menunjukkan bahwa produk penelitian ini efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan instrumen penilaian diri yang dihasilkan dapat mengukur ranah afektif peserta didik khususnya sikap spiritual.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-28
How to Cite
Wandia, A., & Sylvia, I. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Diri (Self Assesment) Untuk Menilai Karakter Spritual Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XI SMA. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4), 235-252. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i4.121